Profil Calon DPR-RI PDI-P Nomor Urut 5 Wenny Lumentut SE, Pengusaha Sukses Wakil Wali Kota Tomohon Anggota DPRD Dua Priode.

sudutindonesia.com-Sulut-Wenny Lumentut SE, adalah sosok lelaki pengusaha sukses Kelahiran Minahasa tanggal 11 Desember 1961.

Sebelum terjun di dunia Politik, pria yang akrab disapa WL itu, sukses sebagai pengusaha. Dirinya juga punya bisnis bersama PT Gudang Garam.

Pada Tahun 2005, Wenny Lumentut pernah maju mencalonkan diri sebagai Wakil Walikota Tomohon. Namun, rakyat di kaki Gunung Lokon tersebut belum merestuinya.

Dirinya pun kembali bergelut di dunia usaha. Namun, saat itu dirinya tetap berpolitik.

Pada Tahun 2009, Wenny Lumentut, Wakil Walikota Tomohon aktif ini, maju mencalonkan diri sebagai Calon Legislatif (Caleg) DPRD Provinsi Sulut, Daerah Pemilihan Tomohon-Minahasa.

WL akhirnya dipercayakan ribuan rakyat Minahasa dan Tomohon untuk duduk sebagai Anggota DPRD Provinsi Sulut periode 2009-2014, dari Partai Gerindra.

Sepak terjang Wenny Lumentut itu pun sangat dirasakan oleh masyarakat Sulut. Dirinya kemudian dipercaya sebagai Ketua Fraksi Nyiur Melambai periode 2010-2015.

Karir politik suami tercinta Ny Eleonora Magrita Sangi, itu pun terus berjalan mulus sampai akhir periode di DPRD Sulut 2015.

Sebelum mengakhiri periode, Wakil Walikota Tomohon itu pun maju kembali sebagai Caleg DPRD Provinsi, di Dapil yang sama Tomohon Minahasa, pada Pilcaleg 2014.

Banyak kepentingan rakyat diperjuangkannya di DPRD Sulut. Ia pun dihargai masyarakat Tomohon-Minahasa. Sehingga, pada Pilcaleg 2014, dia dipercayakan lagi sebagai Anggota DPRD Sulut.

Ia kemudian dilantik kembali sebagai DPRD Sulut periode 2014-2019. Kepentingan rakyat Sulut pun terus ia perjuangkan kala itu.

Pada Pilcaleg 2019 dirinya kembali mencalonkan diri dan maju sebagai Calon Legislatif dari partai Gerindra. Dia kemudian terpilih kembali dan dilantik lagi.

Belum sempat menyelesaikan tugas sebagai anggota DPRD Sulut 2009-2014, Wenny Lumentut dipinang Calon Wali Kota Tomohon Caroll Senduk

WL yang saat itu menjabat sebagai Ketua Komisi di DPRD Sulut, kemudian di PAW dari anggota DPRD.

Mendampingi Caroll Senduk dalam Pilkada Tomohon 2020, WL yang diketahui adalah sosok yang sosial itu menuai berbagai dukungan.

Wakil Walikota Tomohon.

Caroll dan Wenny yang diusung oleh PDI Perjuangan pada Pilkada Tomohon 2020 akhirnya menang telak, dengan 43 ribu pendukung.

Mereka mengalahkan Jilly Gabriella Eman dan Virgie Baker, yang dicalonkan Partai Golkar.

WL kemudian dilantik sebagai Wakil Walikota Tomohon mendampingi Walikota Tomohon Caroll Senduk memimpin Kota Tomohon Periode 2021-2024.

Namun, WL yang diketahui adalah mantan Ketua DPD Gerindra Sulut yang saat ini juga duduk sebagai Wakil Walikota Tomohon, menyerahkan surat pengunduran diri ke pengurus DPD Partai Gerindra Sulut, Rabu (23/3/2022).

Dirinya mundur dari partai besutan Prabowo Subianto itu, dengan alasan ingin fokus menjalankan tugas sebagai Wakil Wali Kota.

Meski begitu, pada bulan Juli 2022, WL memutuskan untuk bergabung dengan PDI Perjuangan. Ia menyatakan diri masuk ke partai besutan Megawati Soekarno Putri.

Dia kemudian resmi menjadi kader PDI Perjuangan hingga saat ini. Dari info yang beredar, Wenny Lumentut akan maju pada Pemilihan Calon DPR-RI dari PDI Perjuangan pada Pemilu 2024.

Saat ini pun, dirinya aktif bersosialisasi untuk mendapatkan simpati masyarakat agar bisa dipilih nanti untuk menjadi anggota DPR-RI.

Kekayaan.

Sesuai Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), saat menjadi calon Wakil Walikota lalu, 22/04/2020 Terverifikasi, kekayaan Wenny Lumentut mencapai Rp 222,007,796,662.

Biodata Wenny Lumentut
WL menikah dengan wanita cantik bernama Eleonora Magrita Sangi. Dari pernikahannya itu, dia mendapatkan dua orang anak.

Pendidikan Terakhir WL adalah S1, dan bekerja sebagai Wiraswasta.

Ia menempuh pendidikan D4/S1 di Fakultas Ekonomi, Universitas Sam Ratulangi Manado 1981, 1998.

Di bangku SMA dia bersekolah di SMA Negeri 1 Tondano 1978-1981. SMP RK Tondano 1975-1978, dan SD GMIM 2 Kakaskasen, Tomohon 1969-1975.

Dalam organisasi partai, dirinya pernah mengikuti Kursus/Diklat yang pernah DPRD Partai Gerindra 2014-2014.

Dirinya punya segudang pengalaman dibidang organisasi. Ia tercatat sebagai Wakil Sekretaris HIPMI Sulut 2003-2008.

Sepak terjangnya yang dianggap mumpuni di Dunia Politik, membuat ia dipercaya menjadi Ketua DPD I Partai Gerindra Sulut pada tahun 2008.

WL pernah menjabat Ketua Fraksi DPRD Sulut Tahun 2010-2014. Juga pernah menjabat Wakil Ketua Komisi di DPRD Sulut 2019-2020.

Beberapa penghargaan juga pernah diberikan kepadanya diantaranya, Adhikarya Satya Bhakti Prestasi Indonesia di Tahun 2017.

Dirinya juga pernah mendapatkan penghargaan sebagai Putra Kawanua Berprestasi Kharisa Indonesia di Tahun 2018.

Wenny Lumentut punya motivasi untuk menjadi pemimpin, dirinya ingin memperjuangkan kepentingan masyarakat Kota Tomohon. (Tim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *